TOTAL Kekayaan Bos Mixue Zhang Hongchao yang Sukses Besar Jualan Es Krim, Begini Kata Forbes
Awalnya, Mixue hanya menjual tiga jenis produk, yaitu es serut, es krim, dan smoothie, dengan keuntungan harian sekitar 100 yen atau sekitar Rp175 ribu.
Namun, bisnis ini mengalami kebangkrutan dan baru mulai bangkit kembali pada tahun 1999.
Seperti kebanyakan bisnis lainnya, Mixue juga mengalami pasang surut dalam perjalanannya.
Skema bisnis waralaba pertama kali diperkenalkan oleh Zhang Hongchao pada tahun 2008, yang juga merupakan tahun di mana Olimpiade Beijing diselenggarakan.
Saat ini, Mixue memiliki sekitar 20.000 gerai di China dan 1.000 gerai yang tersebar di berbagai negara seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Singapura.
Dengan demikian, valuasi total bisnis Mixue diperkirakan mencapai USD3,17 miliar atau sekitar Rp49,54 triliun.
Pada tahun 2010, Mixue mulai berkembang menjadi perusahaan internasional dengan melakukan ekspansi ke luar China.
Untuk mendukung perkembangannya, mereka juga memiliki pusat riset dan pengembangan di Henan.
Divisi gudang dan logistik mereka di wilayah tersebut diklaim mampu menekan biaya operasional Mixue.***