Siapa Agus Rahardjo? Eks Ketua KPK yang Bongkar Kasus E-KTP pada Perintah Jokowi, Ternyata Segini Total Harta Kekayaannya

Siapa Agus Rahardjo? Eks Ketua KPK yang Bongkar Kasus E-KTP pada Perintah Jokowi, Ternyata Segini Total Harta Kekayaannya

Reaksi dari berbagai pihak, termasuk rekan sejawatnya, turut memeriahkan perbincangan ini.

Beberapa pihak menyetujui dan membenarkan sikap Agus Rahardjo, sementara yang lain menyampaikan pandangan berbeda.

Sebagai informasi tambahan, Agus Rahardjo menjabat sebagai Ketua KPK selama periode 2015 hingga 2019, yang juga merupakan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Saat itu, kasus E-KTP menjadi fokus perhatian luas, terutama karena melibatkan Ketua DPR saat itu, Setya Novanto.

Agus Rahardjo, meski bukan lulusan hukum, berhasil menyelesaikan pendidikannya di bidang Teknik Sipil di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.




×

Ia juga menempuh studi di Arthur D. Little Management Education Institute, Cambridge, Amerika Serikat.

Setelah lulus, Agus Rahardjo memulai karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Pada saat yang bersamaan, ia memegang jabatan sebagai kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ).

Prestasinya tak berhenti di situ. Agus Rahardjo menjadi perintis berdirinya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan mengepalainya sejak tahun 2010.

Sukses ini kemudian membawanya terpilih sebagai Ketua KPK periode 2015-2019 dengan suara terbanyak, mengalahkan sejumlah calon lainnya.

Baca juga: Daftar 10 Film Lokal dan Internasional yang Tayang di Bulan Desember 2023 ada Aquaman and the Lost Kingdom, Layangan Putus The Movie Hingga Wonka Sambut Nataru

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya