Biodata Maruli Simanjuntak KSAD yang Dilantik Presiden Jokowi, Berikut Profil Lengkap Beserta Daftar Jabatan

Biodata Maruli Simanjuntak KSAD yang Dilantik Presiden Jokowi, Berikut Profil Lengkap Beserta Daftar Jabatan

Profil Maruli Simanjuntak

Informasi yang kami himpun dari catatan redaksi detikcom mengungkapkan bahwa Maruli Simanjuntak, M.Sc., sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) sejak 31 Januari 2022.

Maruli Simanjuntak adalah seorang Abituren dari Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1992.

Kelahiran Maruli terjadi pada tanggal 27 Februari 1970 di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Maruli adalah anak ketiga dari lima bersaudara dalam keluarga Batak yang merantau ke Jawa. Ayahnya berprofesi sebagai seorang guru, sedangkan ibunya adalah seorang perawat.

Sejak awal kariernya, Maruli telah dipercayakan untuk mengemban sejumlah jabatan strategis di Korps Baret Merah.

Baca juga: Nasib Bripka Nuril Kini Dimutasi ke Papua Buntut Kelakuan Sang Istri Luluk Nuril Selebgram dan TikToker yang Sempat Hina Siswi SMK Magang KDS Kota Probolinggo




×

Baca juga: Tell Me That You Love Me Episode 3 dan 4 Kapan Tayang? Inilah Rekap dan Jadwal Terbaru Beserta Spoiler Episode 3 dan 4: Jung Mo Eun Berhasil Lolos Casting

Di antaranya, beliau pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus, Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus).

Tak hanya itu, Maruli juga menduduki posisi sebagai Wakil Komandan Grup 1 Kopassus dan selanjutnya menjabat sebagai Komandan Grup 2 Kopassus hingga tahun 2014.

Pada tahun yang sama, beliau dipercayakan sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) hingga tahun 2016.

Pada tahun 2016, Maruli melanjutkan karier dengan menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama.

Prestasi cemerlangnya terlihat ketika menjabat sebagai Danrem 074, di mana beliau meraih Penghargaan sebagai Danrem Terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional tahun 2016.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya