Download Doc PDF Contoh Soal VCAT Kampus Mengajar Beserta Kunci Jawaban Lengkap

Download Doc PDF Contoh Soal VCAT Kampus Mengajar Beserta Kunci Jawaban Lengkap

1. Bagaimana pandanganmu terkait program Kampus Mengajar?

a. Saya Mendukung dan tertarik mengikuti program Kampus Mengajar.
b. Saya kurang tertarik, namun memiliki keingintahuan lebih banyak tentang program Kampus Mengajar.
c. Saya tidak tertarik dan program Kampus mengajar tidak berguna.

2. Apa harapanmu setelah mengikuti program Kampus Mengajar?

a. Saya berharap dapat berkontribusi positif melalui sektor pendidikan.
b. Saya berharap pengalaman dari program Kampus Mengajar.
c. Saya berharap menambah nilai diri dalam CV.

3. Bagaimana sikap yang diambil ketika menemui siswa yang tidak kooperatif dalam program Kampus Mengajar?




×

a. Mengidentifikasi sebab perilaku siswa dan mencoba menyelesaikan permasalahan.
b. Mencari dukungan dari guru dan teman murid untuk menyelesaikan masalah.
c. Mengabaikan siswa pembuat masalah.

4. Bagaimana harapanmu kepada siswa yang diajar dalam program Kampus Merdeka?

a. Siswa mampu mengembangkan potensi dari guna mencapai prestasi.
b. Siswa memiliki rasa percaya diri serta semangat untuk belajar.
c. Siswa memiliki pribadi baik dan berkontribusi bagi masyarakat. Jawaban: A.

5. Faktor apa yang menjadi tantangan terbesar dalam program Kampus Merdeka dengan penempatan di daerah terpencil?

a. Sumber daya dan fasilitas yang terbatas.
b. Minat dan motivasi siswa yang minim.
c. Perbedaan budaya dan bahasa dalam berkomunikasi.

6. Bagaimana sikap Anda jika melihat murid terpintar di sekolah mem-bully temannya?

a. Membiarkannya karena dia anak pintar
b. Mempertemukan keduanya, lalu menjelaskan bahwa bullying, dalam bentuk apapun, tidak dibenarkan
c. Menyalahkan teman dari murid yang pintar tersebut

7. Seorang murid mem-bully temannya karena itu merupakan tradisi sekolah, dan tujuannya baik untuk melatih mental siswa. Bagaimana sikap Anda?

a. Menjelaskan bahwa bullying dalam bentuk dan tujuan apapun tidak bisa dibenarkan karena punya impak negatif terhadap korban
b. Membiarkannya karena mereka punya tujuan baik
c. Melarang bullying jika itu karena tradisi, tetapi jika ada persetujuan kepala sekolah tidak apa-apa

8. Bagaimana cara Anda mencegah bullying terjadi di sekolah?

a. Melarang murid yang di-bully untuk bersekolah di situ
b. Menanamkan pola pikir bahwa bullying memiliki dampak negatif terhadap korban dan pelaku
c. Menanamkan bahwa dampak negatif hanya terjadi pada korban bullying

9. Saat masuk sebagai pengajar dalam program Kampus Mengajar, Anda menemukan siswa yang pendiam, mengalami krisis percaya diri, tidak selera makan, dan kurang bergaul. Apa yang Anda lakukan lebih dulu?

a. Menyuruhnya bergaul dengan teman sebaya karena sosialisasi itu penting
b. Menggabungkan dia bersama teman-teman yang lain setiap kali ada pelajaran berkelompok
c. Memantau perilaku teman-temannya terhadap si anak, kemudian mengajaknya mengobrol terkait kondisinya pada saat-saat sebelum kita masuk sebagai pengajar

10. Apakah mengejek teman termasuk bullying?

a. Tidak, karena itu bisa dianggap bercanda
b. Ya, karena termasuk bullying verbal
c. Bisa iya bisa tidak

b. Mempertahankan nilai yang kamu pegang meskipun bertentangan dengan kelompokmu

c. Mencoba untuk mencari titik temu dengan kelompokmu

d. Menghindari konflik dengan menghindari kelompokmu

b. Memilih nilai yang lebih diutamakan

c. Mengambil keputusan dengan berdasarkan pengalaman masa lalu

d. Mengambil keputusan dengan berdasarkan apa yang diputuskan oleh orang lain

b. Kepuasan pribadi

c. Kesempatan untuk berkembang

d. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

b. Bangsa Indonesia mengakui kebhinekaan sebagai kekayaan

c. Ciri kedaerahan tidak boleh ada dalam pergaulan di bermasyarakat

d. Keberadaan dan keanekaragaman tidak menghalangi persatuan

b. Bahasa Melayu

c. Bahasa Sansekerta

d. Bahasa Jepang

16. Di ambil dari kitab apakah semboyan Bhineka Tunggal Ika?

b. Kitab Negarakertagama

c. Kitab Pararaton

d. Kitab Ranggalawe

b. Naskah proklamasi dan Pancasila dirumuskan secara bersamaan

c. Proklamasi kemerdekaan melahirkan berbagai nilai luhur Pancasila

d. Pancasila dan proklamasi melahirkan generasi baru pada pergerakan dan perjuangan

b. Dalam pergaulan tidak boleh membeda-bedakan suku

c. Kebudayaan masyarakat tak boleh tergantikan dengan budaya lain

d. Kebudayaan daerah harus selalu dijaga dan dilestarikan 

19. Apakah fungsi sesungguhnya dari semboyan Indonesia Bhineka Tunggal Ika?

a. Untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas keanekaragaman budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama, dan kepercayaan
b. Sebagai semboyan dari nenek moyang
c. Kata-kata mutiara
d. Untuk menumbuhkan sikap baik hati bagi seluruh rakyat Indonesia

20. Di manakah tulisan Bhineka Tunggal Ika pada lambang burung Garuda?

a. Berada dalam balutan pita di kepala burung garuda
b. Berada dalam balutan pita di sayap burung garuda
c. Berada dalam balutan pita yang dicengkeram oleh kaki burung garuda
d. Berada dalam balutan pita di punggung burung garuda

Editor: Ailen Mutia
TAG:
Sumber:

Berita Lainnya