GAWAT, Bumi Sriwijaya di Ujung Tanduk! Hanya 3 Daerah yang Tetap Ada Usai Pemekaran Sumatera Selatan Rampung

GAWAT, Bumi Sriwijaya di Ujung Tanduk! Hanya 3 Daerah yang Tetap Ada Usai Pemekaran Sumatera Selatan Rampung

4. Provinsi Palapa Selatan

Provinsi keempat yang diusulkan dalam konteks pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan adalah Provinsi Palapa Selatan. Usulan ini memiliki nuansa yang menarik, karena melibatkan kolaborasi antara wilayah Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Hingga saat ini, teridentifikasi satu kota dan lima kabupaten yang siap untuk bersatu dan membentuk Provinsi Palapa Selatan yang baru.

Di antara entitas wilayah ini, terdapat Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Empat Lawang, yang kesemuanya terletak dalam bingkai Provinsi Sumatera Selatan yang sudah ada.

Selanjutnya, ada Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Kaur, yang terletak dalam wilayah Provinsi Bengkulu.




×

Penggabungan ini menciptakan dinamika kelembagaan yang menarik, dengan berbagai aspek budaya, sosial, dan administratif yang perlu diresapi.

Ketika berbicara mengenai rencana ibukota untuk Provinsi Palapa Selatan, jelaslah bahwa Kabupaten Lahat dalam Provinsi Sumatera Selatan menjadi pilihan yang diusung.

Menjadikan Kabupaten Lahat sebagai pusat pemerintahan baru ini bukan hanya tentang lokasi geografis semata, tetapi juga mencerminkan pertimbangan strategis serta perspektif keberlanjutan dan kemudahan aksesibilitas.

Dengan demikian, inilah gambaran tentang keempat usulan provinsi baru yang berhubungan dengan pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Terakhir namun tak kalah signifikan adalah wacana Provinsi Palapa Selatan, yang membawa semangat kolaborasi antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu dalam menciptakan entitas wilayah yang memiliki dinamika serta potensi untuk dikembangkan.***

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya