Pertama Kali Dalam Peradaban Indonesia Sumatera dan Bangka Akan Bersatu Lewat Jembatan Paling Panjang se-Sumsel, 15 Triliun Nilainya Cuma 1 Jam dari Palembang

Pertama Kali Dalam Peradaban Indonesia Sumatera dan Bangka Akan Bersatu Lewat Jembatan Paling Panjang se-Sumsel, 15 Triliun Nilainya Cuma 1 Jam dari Palembang

Proyek yang sedang giat dikerjakan ini disebut-sebut mengalami kebuntuan.

Meski pemerintah provinsi telah menyelesaikan dokumen pra studi kelayakan proyek, yang dikenal sebagai feasibility studi (FS), namun pembangunan jembatan ini nampaknya masih mandek.

FS ini sebenarnya sangat penting sebagai alat untuk melihat kelayakan suatu proyek.

Dokumen berharga ini telah diserahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Yang diharapkan akan segera melanjutkan ke tahap detail engineering design (DED).




×

Rencananya, Kementerian PUPR akan bertanggung jawab untuk melaksanakan tahap DED tersebut.

Baca juga: Jawa Barat Gelimpungan Saat Tau Purwakarta Ingin Tenggelamkan 4 Kabupaten dengan Bendungan Terbesar se-Asia Tenggara yang Bisa Tampung 3 Miliar M3 Air

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memperkirakan biaya pembangunan jembatan ini mencapai Rp15 triliun.

Anggaran tersebut diharapkan dapat didapatkan dari APBN, sehingga proyek ini bisa menjadi proyek nasional yang diperhatikan oleh pemerintah pusat.

Pembangunan jembatan terpanjang di Sumatera Selatan ini memiliki banyak manfaat yang diharapkan dapat terealisasi.

Salah satunya adalah mempermudah jalur logistik dari Sumatera Selatan ke Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Baca juga: Pantes Pulaunya Para Dewata! Bikin Bahagia 4 Kabupaten di Bali ini Punya Biaya Hidup Murah Hanya Keluarkan 800 Ribu Per Bulan, Definisi The Island of God?

Kebutuhan masyarakat Bangka Belitung sebagian besar berasal dari Sumatera Selatan, sehingga jembatan ini diharapkan dapat mempercepat distribusi barang dan menekan ongkos pengiriman.

Jembatan ini dinamai Bahtera Sriwijaya oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, yang sesuai dengan nama kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah tersebut dan terkenal dengan kekuatan maritimnya.

Lokasi yang dipilih untuk membangun jembatan ini adalah Desa Tanjung Tapa, Kecamatan Tunjung Selapan, yang berjarak sekitar 72 km dari Palembang, ibu kota Sumatera Selatan.

Sementara di wilayah Bangka Belitung, jembatan ini akan berada di Desa Sebagin, Kabupaten Bangka Selatan.

Dengan panjang jembatan yang mencapai 15 km, jembatan ini dianggap sebagai jembatan terpanjang di Sumatera Selatan.

Baca juga: Jaraknya 123 Km dari Semarang! 5 Kecamatan Terjauh di Rembang Ini Bakal Dikeluarkan dan Bentuk Kabupaten Baru?

Rencananya, pembangunan jembatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Sayangnya, kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa kemungkinan besar pembangunan jembatan terpanjang di Sumatera Selatan ini akan batal dilakukan.

Salah satu alasan utamanya adalah anggaran yang sangat besar yang diperlukan, sehingga menjadi penghambat utama dalam proses pembangunan jembatan yang diharapkan dapat menghubungkan Sumatera dan Bangka ini.

Hal ini membuat proyek ambisius ini terancam terhenti begitu saja.

Di sisi lain, pembangunan jembatan ini juga mengancam kelestarian lahan gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Lokasi pembangunan jembatan ini, yaitu Lanskap Sugihan, merupakan lahan gambut yang penting bagi Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Baca juga: Edisi Hari Es Krim Sedunia! 3 Mall di Mataram Punya Fasilitas Bintang 5, Belanja di Sini Dijamin Mood Langsung Naik! Terkenal di NTB Nih

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya