33 Wilayah di Sumatera Utara Pecah! Buat Suku Batak Ketar-Ketir Usai Usulan Sumatera Timur Dibuat dengan Penggabungkan 6 Daerah Medan Gak Termasuk?

33 Wilayah di Sumatera Utara Pecah! Buat Suku Batak Ketar-Ketir Usai Usulan Sumatera Timur Dibuat dengan Penggabungkan 6 Daerah Medan Gak Termasuk?

Dugaan adanya kesenjangan pembangunan di Sumatera Utara diyakini menjadi faktor utama di balik usulan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) ini.

Seiring berjalannya waktu, anggapan mengenai lokasi ibu kota yang dianggap kurang strategis di utara provinsi tersebut semakin kuat, dan akibatnya, daerah lain dirasa kurang mendapat perhatian.

Tidak hanya sebatas wacana, usulan pembentukan provinsi baru hasil pemekaran Sumatera Utara ini telah mencapai tahap yang lebih maju.

Baca juga: Pilih Mana? Inilah 2 Calon Kabupaten Baru di Provinsi Lampung, Jaraknya Cuma 105 KM dari Bandar Lampung! Berawal di Kecamatan?

Pada tahun 2014, ketua komite pembentukan provinsi ini telah menyerahkan berkas usulannya kepada Gubernur Sumut.




×

Bahkan, saat itu, Gubernur Sumatera Utara, H. Gatot Pujo Nugroho, menyatakan akan mengkoordinasikannya dengan DPRD.

Berkas usulan tersebut juga telah dilengkapi dengan kajian akademik dari Universitas Medan.

DOB yang diusulkan untuk pemekaran Sumatera Utara adalah Sumatera Timur. Nama ini dipilih karena wilayah-wilayah yang diusulkan untuk bergabung berada di sebelah timur Pulau Sumatera.

Menariknya, jika melihat sejarahnya, provinsi ini pernah ada pada tahun 1870-1930 dengan wilayah seluas 94.583 km2 yang membentang dari timur Danau Toba hingga Selat Sunda yang sekarang dikenal sebagai Tanjung Cina.

Baca juga: Serba Enak! 3 Tempat Makan Dekat Stasiun Bandung yang Patut Dikunjungi, Pasti Bikin Ketagihan dan Jadi Favorit Anda!

Sumatera Timur ingin menghidupkan kembali romansa masa lalu dengan mengajak 6 daerah bergabung.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya